POLTERA TERIMA SK PRODI BARU D2 JALUR CEPAT, KULIAH HANYA TIGA SEMESTER

Politeknik Negeri Madura (POLTERA) Menerima Surat Keputusan izin pembukaan program studi D2 Jalur Cepat. Surat Keputusan tersebut diserahkan langsung kepada Direktur Poltera oleh Direktur Jendral Pendidikan Vokasi di Jakarta (25/5).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan, program D2 jalur cepat merupakan program terobosan Ditjen Diksi yang dirancang sebagai salah satu solusi untuk menjawab tantangan ketidaksesuaian antara lulusan yang dihasilkan oleh dunia pendidikan dengan kebutuhan dari dunia usaha dan industri.

“Program Studi D-2 Jalur Cepat merupakan pertama dalam sejarah pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wikan menambahkan dalam mengembangkan Program Studi D2 jalur cepat, sejak awal pendirian program Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) berkolaborasi dengan SMK dan Industri hingga pelaksanaannya merujuk kepada konsep dan kebijakan Merdeka Belajar serta Link and Match 8+i.

Sementara itu Direktur Poltera, Arman Jaya menyampaikan bahwa D2 Jalur cepat merupakan alternatif bagi lulusan SMK yang ingin kuliah cepat, sebab dalam program ini D2 jalur cepat ditempuh dalam jangka waktu 3 semester, 1 semesternya diakui sebagai kredit perkuliahan melalui penerapan sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) saat di SMK.

“Ini program pertama di Indonesia dan Alhamdulillah Poltera mendapatkan ijin membuka dua program studi, yaitu D2 Teknik Pengelasan dan Fabrikasi dan D2 Tata Operasi dan Perawatan Mesin Listrik, Paparnya.

Kompak: Direktur POLTERA didampingi wakil direktur bersama pimpinan industri usai menerima SK prodi baru

Arman menambahkan secara total masa perkuliahan pada program D2 jalur cepat ditempuh selama tiga semester atau satu semester lebih singkat daripada perkuliahan pada program D2 Regular. Komposisinya, satu semester perkuliahan di kelas untuk memahami teori dan konsep, dan dua semester berikutnya merupakan kegiatan magang di Industri. (th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

English EN Indonesian ID
X
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami